Senin, 23 Oktober 2017

CARA MENYAMBUNG DUA ROUTER PAKAI KABEL LAN (UTP)

Di Artikel ini akan diajarkan bagaimana caranya menyambung atau menghubungkan dua buah Router (atau lebih) menggunakan kabel LAN / Kabel UTP. Hal ini berguna misalnya rumah sobat dua lantai lalu membutuhkan jaringan wifi di lantai dua karena sinyal wifi dari lantai satu lemah atau tidak sampai ke lt 2.
Oleh karena itu sobat memerlukan router wifi yang akan diletakkan di lantai 2. Nah, yang akan dibahas disini adalah bagaimana cara menyambungkan router yang ada di lantai satu ke router di lantai dua menggunakan kabel LAN / kabel UTP. Berikut caranya.
Catatan: selain menggunakan dua router, untuk memperjauh jangkauan wifi, sobat juga bisa menggunakan repeater / extender, contohnya seperti Xiaomi Wi-Fi amplifier
1. Pastikan Router yang akan digunakan mendukung metode ini.
Biasanya untuk router yang bisa disambung, ada satu port / colokan yang berwarna biru dengan tulisan WAN atau Internet.
2. Sambung kabel UTP
Untuk router sumber internet: colok kabel UTP ke lubang / port yang ada tulisannya "LAN"
Untuk router kedua / penerima sinyal: colok kabel ke port yang ada tulisannya "WAN" atau beberapa router tulisannya "Internet" dan biasanya warna biru.
Untuk menyambung / menghubungkan kedua router bisa menggunakan kabel LAN / UTP.
Baca juga: Cara menyambung kabel LAN (UTP) Tanpa alat khusus
3. Cek Settingan / Pengaturannya
Pada dasarnya kita cukup melakukan dua hal diatas saja dan kalau tidak ada kendala seharusnya sobat sudah bisa tersambung menggunakan router kedua.
Sebagai catatan, kalau menggunakan dua router, maka mau tidak mau kita akan memiliki dua jaringan wifi yang beda sinyal. Jadi tidak bisa misalnya pakai dua router tapi hanya ada satu sinyal yang luas.
Dalam arti, kalau misalnya sobat berada di lantai satu, maka sobat harus menyambungkan ke router yang ada di lantai satu dan kalau di lantai dua harus terkoneksi ke jaringan yang ada di lantai dua.
Jika sobat mengalami kendala dimana sukses terkoneksi ke router kedua, sinyal kuat, tapi tidak bisa buka internet (nyambung wi-fi tapi "there is no internet connection") atau kalau di komputer ada tulisannya LIMITED (seharusnya connected), maka sobat perlu cek pengaturan router kedua sebagai berikut.
a. Koneksikan komputer / laptop
Pertama-tama sambungkan laptop / komputer (bisa juga pakai smartphone) ke router kedua. Bisa mengkoneksikan via jaringan wifi, bisa juga pakai kabel LAN.
b. Cari tahu ip address router kedua
IP Address berguna agar kita bisa membuka menu pengaturan router. Biasanya IP Address tertulis di bagian bawah router lengkap beserta username dan passwordnya. Tapi kalau tidak ada, buka buku manual router sobat, pasti ada. Contohnya seperti dibawah.
cara menyambung dua router wifi via kabel lan utp
Lihat IP, Username dan password Router



Kalau router saya adalah merk TP-Link tipe TL-MR3420 dan memiliki IP: 192.168.0.1
c. Login ke pengaturan router
Buka browser internet (Chrome, Firefox, dsb) lalu masukkan IP router, sebagai contoh saya memasukkan 192.168.0.1 > Tekan tombol ENTER di Keyboard, setelah itu masukkan username beserta passwordnya. Biasanya hampir semua router menggunakan nama serta kata sandi: admin
Setelah itu klik di bagian Network > klik internet acces > pilih WAN prefered atau WAN only > klik save. Selesai
Kalau beda merk router atau beda tipe, kemungkinan tampilan menu pengaturannya berbeda, tapi secara garis besar cara settingnya sama saja:
Koneksikan perangkat PC/ Laptop / Smartphone ke router (bisa via wifi, bisa via kabel LAN)
Buka browser internet, Masukkan IP address, username dan password router
Cari pengaturan "input" koneksi internetnya, lalu pilih yang WAN prefered atau WAN Only
Jika sudah melakukan tahapan diatas tapi tidak bisa terkoneksi, maka perlu cek kabel LAN / UTP yang digunakan. Mungkin saja kabelnya yang bermasalah. Kalau sobat bingung, bisa menonton videonya dibawah ini:

Sumber Admin : https://gadoga.com/cara-menyambung-dua-router-pakai-kabel-lan-utp.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar