Selasa, 17 Oktober 2017

Cara Mengatasi Jaringan Lemot Pada Jaringan Wifi Id

Wifi adalah singkatan dari Wirelles Fidelity yang merupakan teknologi tanpa kabel (wirelles) yang berfungsi untuk menghubungkan antara komputer seperti smartphone, laptop/notebook, dan perangkat lainnya kemudian dapat menghubungkan komputer dan perangkat lainnya ke internet atau ke jaringan kabel/ethernet (LAN).
Oke saya sudah jelaskan dengan singkat pengertian wifi id, sekarang saatnya kita ke pokok permasalahan. Seperti yang kita ketahui Wifi Id sekarang hampir tersebar diseluruh pelosok Indonesia dan menyajikan koneksi yang cepat dibanding Speedy yang masih satu grup Wifi Id punya PT Telkom. Tetapi dibalik cepatnya koneksi itu ternyata tidak selamanya nasib baik menimpa kita, bahkan saya pernah seharian penuh tidak bisa terhubung dengan internet karena jaringan Wifi Id yang luar biasa lambat. Jika ingin tau jaringan kamu lemot atau tidak pada saat terhubung ke Wifi Id, silahkan di ping dengan cara jalankan run.exeatau Tekan Win + R, kemudian ketikkan “ping 8.8.8.8 -t” tanpa tanda kutip.

Jika dilihat dari ping diatas, perhatikan bagian time=100ms, itu menandakan kalau jaringan saya kurang maksimal. Intinya adalah jika time nya menunjukkan angka dibawah 50ms, maka jaringan dalam keadaan stabil atau terkoneksi dengan baik. Jika time nya menunjukkan angka diatas 50ms apa lagi jika disertai dengan request time out, itu menunjukkan kalau jaringan kamu dalam keadaan tidak stabil atau berada diujung tanduk alias zakartul maut.

Nah kalau sudah begini banyak orang yang bingung bahkan garuk-garuk kepala, apalagi yang gaptek sama komputer alias buta komputer pasti mandangin terus layar laptopnya sambil meratapi nasib melihat orang disekelilingnya nyengar nyengir lagi pada asyik browsingan, facebookan sama nge youtube. Tapi tenang guys, saya akan memberikan solusi terbaik buat kamu yang mengalami lemot wifi id. Sebenarnya caranya cukup sederhana, kamu tinggal logout saja wifi id nya, ganti MAC Address kemudian login kembali. Tapi logout di wifi id sama susahnya seperti mencari biji pasir dalam tumpukan jerami. What!! come on men, jangan tutup laptop dulu lalu pulang, masih ada solusinya kok. hihihi
Oke, dari pada banyak basa-basi langsung saja kita lihat caranya:

Cara Mengatasi Jaringan Lemot Pada Jaringan Wifi Id

  1. pada saat sedang terkoneksi ke wifi id yang lemot, buka CMD (Command Prompt)dengan cara klik Start => All Program => CMD => klik kanan Run as administratordan pilih yes
  2. ketikkan ipconfig /release dan tekan Enter maka secara otomatis MAC Address kamu akan terganti dan otomatis logout sendiri di wifi id
  3. Selanjutnya dalam CMD ketikkan ipconfig /flushdns lalu enter
  4. Tahap terakhir matikan ikon signal wifi kamu dipojok kanan bawah lalu konek kembali
  5. Silahkan buka browser kamu dan login kembali ke wifi id.
  6. Lakukan berulang2 jika wifi id kamu masih lemot.
Jika dengan cara diatas jaringan wifi id kamu masih lambat, silahkan klik kanan pada ikon wifi kamu dipojok kanan bawah pilih Troubleshoot problems, karena terkadang ada masalah kerusakan pada driver wifi.
Jika semua cara diatas sudah digunakan tetapi jaringan kamu masih lemot, silahkan berdoa pada Tuhan untuk menyelamatkan koneksi jaringan kamu hehehe. Sekian postingan kali ini, jika ada kata yang kurang berkenan mohon dimaklumi ya, terima kasih dan semoga bermanfaat!

Sumber Admin : https://www.darsitek.com/post/cara-mengatasi-jaringan-lemot-pada-jaringan-wifi-id/

1 komentar: