Selasa, 24 Oktober 2017

Cara Mengatasi Lag (Drop FPS) Saat Bermain Game (Optimalisasi CPU)

Kali ini admin/TS (atau apalah itu :v) mau ngeshare gimana cara mengoptimalkan cpu biar pas buat ngegame ga ngelag/patah-patah. Perlu diingat tips ini hanya bekerja bagi procie menengah ke atas. Jadi yang procienya low-end (contoh : AMD E1-2100 APU 1.0GHz) jangan ngikutin cara ini. Kasian juga procie segitu buat main game (gw bukan fanboy Intel kok). Langsung saja :v

Pertama, kenali gejala dan penyebab
Gejala
Biasanya game yang dimainkan lancar, setelah beberapa menit/jam kemudian FPS-nya jadi drop/turun.
Penyebab
Turunnya FPS pada game, kalo itu masalah di CPU/procie biasanya karena panas jadi si procie nurunin performanya biar adem.
Contoh di sini gw punya procie Intel Core i5 2410m (m itu berarti mobile/buat laptop karena gw pake laptop :v ) di sini 
performa akan stabil pada frekuensi 2,3 GHz (99,776MHz x 23), kalo pake Turbo Boost jadi 2,9GHz (99,776MHz x 29T) tapi saat procie gw kepanasan dia bakal nurunin ke 800MHz (99,776MHz x 8) atau sekitar 0,8 GHz. Bayangin deh main game pake procie frekuensi segitu :v . Si procie ini biasanya bakal nurunin performa kalo udah nyentuh 90 derajat.



Solusi
1. Pastikan si procie ga kepanasan, kalo pake PC lebih baik pake fan yang bagus/agak mahal dikit. Kalo laptop usahakan pake cooling pad, atau vacum cooler (recommended)
2. Pake software yang namanya ThrottleStop. Software ini berguna buat ngunci frekuensi procie biar ga turun/naik. Caranya klik Set Multiplier yang diinginkan, gw saranin jangan di set ke max biar ga cepet panas. Cukup 80% saja udah mantep. Setelah itu klik Turn On lalu Save. Lihat perbedaannya di game :v :v

(Penting! Kalo pake software ini wajib pake pendingin tambahan/pendingin yang kuat kalo ga mau PC/laptop shutdown otomatis karena overheat. Atau parahnya lagi bisa kebakar itu procie)

Selamat mencoba! :v
Do at Your Own Risk, kalo PC/laptop lu rusak/overheat karena trik ini, admin/TS ga tanggung jawab karena di sini gw cuma bagi tips.

Selamat Tinggal!

Sumber Admin : https://wahyubillie123.blogspot.co.id/2017/03/cara-mengatasi-lag-drop-fps-saat.html

1 komentar: