Minggu, 19 November 2017

Cara Perbaiki Warna Layar Laptop yang Bermasalah

Pernahkan Anda merasa monitor PC atau laptop yang digunakan menampilkan warna yang aneh, entah itu terlalu hijau atau biru, bahkan bisa juga terlalu tinggi kontrasnya? Hal tersebut memang bisa diatasi dengan berbagai cara, salah satunya adalah mengatur kalibrasi warna dari monitor yang digunakan. Namun, bagaimana dengan pengguna laptop?

Jika Anda menggunakan sistim operasi Windows (khususnya Windows 10), Anda bisa melakukan kalibrasi warna melalui fasilitas yang sudah disediakan oleh Microsoft bernama Color Calibration. Fitur ini bisa Anda temukan di Control Panel dan bisa diakses langsung melalui fitur pencarian di Start Menu.Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan kalibrasi warna di Windows 10:

1. Akses fitur Color Calibration melalui start menu



2. Klik Next beberapa kali hingga terdapat menu untuk mengatur tingkat Gamma pada layar. Pastikan tingkat Gamma tidak terlalu kurang atau berlebih dengan cara memastikan tidak ada titik putih atau hitam pada tengah lingkaran yang ditampilkan di layar.



3. Selanjutnya Anda akan dibawa ke pengaturan tingkat kecerahan dan kontras layar. Karena laptop tidak bisa diatur tingkat kecerahan dan kontras secara manual (kecuali disediakan melalui software pihak ketiga dari produsen laptop), Anda bisa melewati bagian ini dengan memilih "Skip".



4. Nanti Anda akan tiba di pengaturan warna dimana Anda bisa mengatur tingkat kecerahan untuk warna merah, hijau, dan biru. Sesuaikan tiga pengaturan melalui slider yang ada sehingga warna putih di layar benar-benar terlihat putih.



5. Setelah selesai, Anda bisa menekan tombol "Next" dan pilih "Use current settings" untuk menggunakan pengaturan kalibrasi warna yang baru.


Sumber Admin : http://teknologi.metrotvnews.com/tips-trik/4KZEjPwk-cara-perbaiki-warna-layar-laptop-yang-bermasalah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar